skip to Main Content
TERTARIK, DPRD JATENG STUDI BANDING Di BBIB SINGOSARI UNTUK KEMBANGKAN POTENSI PETERNAKAN

TERTARIK, DPRD JATENG STUDI BANDING di BBIB SINGOSARI UNTUK KEMBANGKAN POTENSI PETERNAKAN

Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah mengunjungi BBIB Singosari pada Kamis, 15 September 2022. Kunjungan dihadiri langsung oleh Wakil Ketua Komisi B Ibu dra Hj Sri Maryuni dan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH Jateng, Bapak Ir. Agus Wariyanto, S.I.P., M.M. bersama rombongan.

Kunjungan Kerja Komisi B beserta DPKH Jateng ini adalah untuk mencari data dan informasi tentang pembudidayaan dan pembibitan ternak di BBIB Singosari. DPRD bersama Pemerintah Provinsi Jateng melalui DPKH berupaya untuk meningkatkan kualitas benih dan bibit terutama pada ternak dengan pengembangan pusat-pusat perbibitan dan Kesehatan hewan di Jawa Tengah.

“Kami sedang menyusun perda terkait peningkatan dan pengembangan balai-balai ternak, balai perbenihan dan perbibitan kami di Jawa Tengah. Kami memerlukan data dan informasi dari balai-balai milik Kementerian Pertanian yang dinilai telah sukses dalam pengelolaannya seperti BBIB Singosari ini. Agar nantinya, kami bisa belajar dan sekaligus menerapkan di Jawa Tengah.” Ungkap dra. Hj Sri Maryuni.

Jawa Tengah memiliki potensi peternakan yang cukup besar hal ini dibuktikan dengan Jawa Tengah surplus daging, juga surplus telur. Jawa tengah mampu memberikan kontribusi sebesar 9% dalam pemenuhan kebutuhan pangan nasional dan 14% kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto. Dengan potensi yang sangat baik, DPRD dan Pemerintah Jawa Tengah memerlukan referensi agar mampu mengembangkan sektor peternakan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani peternak, sekaligus memberikan kontribusi dalam pemenuhan kebutuhan protein hewani nasional.(*)

Back To Top