skip to Main Content

Standarisasi Kualitas Produk, BBIB Singosari Lakukan Sertifikasi Benih Indigofera

Dalam rangka standarisasi kualitas produk Bibit dan Benih Indigofera, tim dari Direktorat Pakan (Dit Pakan) Ditjen PKH Kementan melakukan penilaian kebun sumber benih Indigofera zollingeriana varietas Gozoll Agribun di BBIB Singosari. Kegiatan ini merupakan bagian dari proses sertifikasi kebun sumber benih indigofera BBIB Singosari. Sertifikasi kebun benih ini dilaksanakan untuk melegalkan produksi indigofera yang terjamin mutunya, berkelanjutan, dan terjamin ketersediaannya.

Proses sertifikasi ini diawali dengan permohonan penetapan kebun sumber benih dan rekomendasi produsen indigofera atas permintaan dari BBIB Singosari kepada Dit. Pakan Ditjen PKH. Selanjutnya Tim Penilai Kelayakan teknis yang terdiri dari Pemulia Tanaman dari Badan Litbang Kementan, Pengawas Mutu Pakan Dit. Pakan, dan BPMSP Bekasi datang meninjau langsung ke BBIB Singosari untuk menilai kelayakan kebun sumber benih.

Kebun sumber benih harus memenuhi persyaratan-persayaratan, diantaranya adalah harus memenuhi persyaratan tanah dan iklim yang meliputi ketinggian tempat, topografi, drainase, kesuburan tanah, jenis tanah, keasaman tanah, dan curah hujan di lokasi kebun sumber benih.

Persyaratan yang kedua adalah persyaratan Lokasi yang meliputi aksesibilitas. Aksesibilitas adalah kemudahan akses ke lahan tersebut; ketersediaan dan tata kelola air; harus terisolasi dari jenis tanaman lain; memiliki luasan lahan untuk legum minimal 2500m2 dan untuk rumput pada satu hamparan minimal 3000m2; keamanan lahan yang meliputi status lahan; bukan berada di daerah endemik penyakit Organisme Pengganggu Tumbuhan; aman dari gangguan banjir longsor, dan berada di daerah pengembangan peternakan.

Dari  hasil penilaian oleh Tim penilai, kebun sumber benih BBIB Singosari telah dinyatakan memenuhi standar kelayakan dan tahap selanjutnya akan dikeluarkan SK Penetapan Kebun Sumber Benih Indigofera. Kemudian SK Penetapan Kebun Sumber Benih yang akan dikeluarkan menjadi dasar untuk diterbitkan Sertifikat Benih Bina oleh BPMSP Bekasi. Benih Bina adalah benih dari varietas unggul tanaman pakan ternak dimana produksi dan peredarannya diawasi.

 

This Post Has 3 Comments

Comments are closed.

Back To Top