skip to Main Content

Sarana dan Prasarana

Untuk menunjang kinerja dan Pelayanan Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari, kami memiliki berbagai aset. Aset ini selain digunakan untuk kegiatan BBIB Singosari, juga dapat disewa oleh masyarakat umum sesuai dengan keperluanya, sarana dan prasarana yang dimiliki BBIB Singosari diantaranya adalah:

Gedung Auditorium
BBIB Singosari memiliki gedung serbaguna lengkap dengan fasilitas audio visual yang lengkap, juga panggung untuk berbagai keperluan. Kapasitas Auditorium bisa mencapai 200 orang, dengan area parkir yang sangat luas.


Gedung Asrama
BBIB Singosari memiliki gedung-gedung asrama yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan seperti pelatihan, outbond, maupun keperluan lainnya. Dengan total kapasitas 22 kamar. Lokasi yang berada di kaki gunung arjuna memberikan udara yang sangat sejuk dengan penorama yang sangat memukau.


Gedung Workshop
Gedung Workshop kami dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti seminar, ruang kelas maupun ruang praktek indoor. Dengan fasilitas meja kursi baik untuk peserta, pemateri, maupun panelis, fasilitas audio dan video yang lengkap siap mensupport kebutuhan acara.

Sarana Transportasi

BBIB Singosari juga memiliki aset kendaraan yang beragam mulai dari minibus dengan kapasitas 18 penumpang sampai bus dengan kapasitas mencapai 35 penumpang. Dengan kondisi yang selalu prima dan servis yang selalu rutin memastikan setiap kendaraan BBIB Singosari selalu siap untuk membantu kinerja Balai.

Mesin-Mesin Pengolahan Lahan

BBIB Singosari memiliki lahan pakan seluas 47,8 hektar untuk memenuhi kebutuhan ternak-ternak unggul di balai kami. Dalam mengolah lahan seluas itu maka BBIB Singosari memiliki berbagai arsenal mesin berat khusus agar pengerjaan dapat dilakukan dengan lebih efisien. Mesin-mesin tersebut antara lain:

Traktor

Disc Plow
Berfungsi untuk membajak tanah agar tanah menjadi gembur

Harrow:
Disc harrow ini memiliki bentuk mirip seperti disc plow namun dengan ukuran piringan lebih kecil. Berfungsi menghaluskan tanah yang sudah dibajak untuk selanjutnya disebar benih.

Planter:
Berfungsi untuk menyebarkan benih setelah tanah dibajak. Planter ini dapat menyebarkan benih dengan presisi, sehingga tanaman yang tumbuh akan memberi hasil yang baik.

Disc Mower:
Berfungsi untuk memotong rumput-rumput seperti brachiaria decumbens dan stargrass, dengan disc mower hasil lebih baik dan diselesaikan dengan waktu yang lebih cepat.

Hay Rake:
Alat ini berfungsi untuk mengumpulkan dan membalik jerami sehingga hasil ketika kering lebih sempurna, alat ini juga sangat membantu sebelum hay di packing dengan menggunakan hay baler.

Hay Baler:
Mesin ini berfungsi untuk mengikat jerami/rumput kering menjadi balok balok utuh agar mudah dipacking dan disimpan.

Back To Top