skip to Main Content

PERAN BBIB SINGOSARI DALAM KONTES TERNAK JAWA TIMUR

Keterlibatan BBIB Singosari dalam kegiatan Kontes ternak sudah dilakukan sejak 10 tahun ini. Seperti halnya tahun tahun sebelumnya KOTES TERNAK di Jawa Timur dilaksanakan di beberapa Kabupaten diantaranya adalah di Kabupaten Lumajang, Situbondo, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Sidoarjo kabupaten Banyuwangidan Bondowoso.

Pelaksanaan kontes ternak tingkat Kabupaten di Provinsi Jawa Timur tahun 2017 bertujuan untuk(1) memberikan penghargaan kepada para peternak, (2) menghasilkan ternak unggul terbaik(3) meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat petani peternak(4) memotivasi para pelaku bidang peternakan dalam mengembangkan usahanya(5)dan meningkatkan mutu daya saingnya agar mampu meraih  pasar domestik maupun ekspor.

Beberapa kategori yang dilombakan yaitu untuk sapi potong terdiri dari kategori Sapi Potong calon kereman, Sapi Potong kereman, sapi induk hasil IB, sapi calon induk hasil IB, calon induk sapi PO, calon induk sapi perah, calon induk sapi rambon, kambing jantan PE,kambing betina PE, dan yang paling diditunggu oleh peserta dan penonton adalah kategori ekstrem. Dalam melakukan penilaian terdapat 2 penilaian yaitu penilaian kualitatif yaitu bentuk tubuh (kepala, tanduk, telinga, jenggot, bulu dan ekor), kekokohan kaki, warna tubuh. sedangkan penilaian kuantitatif adalah penilaian seperti umur,ukuran badan dan berat badan, ukuran lingkar testis dan beberapa penilaian lainnya.

Pada tahun 2017 ini BBIB Singosari mengirimkan petugas terbaiknya untuk menjadi juri di beberapa Kabupaten diantaranya (1)Kabupaten Lumajang dilaksanakan tanggal 4 April 2017 oleh Bernard L Amd, (2)Kota Probolinggo dilaksanakan tanggal 8 Juni 2017 oleh Drh. Jumaryoto(3) Kabupaten Sidoarjo dilaksanakan tanggal 21 – 22 Agustus 2017 oleh I Putu Eka SPt dan Aries Bahtiar SPt, (4) Kabupaten Situbondo dilaksanakan tanggal 23 – 24 Agustus 2017 oleh Drh. Ahmad Budi dan Tegar SPt,, (5) Kabupaten Banyuwangi dilaksanakan tanggal 25 – 27 Agustus 2017 oleh Khoirullah SPt dan Dr. Andi Widodo Wijanarko dan yang terakhir (6) diKabupaten Bondowoso dilaksanakan tanggal pertengahan September 2017 oleh Suharyanta SPt.

Disamping kontes ternak serta pameran produk peternakan dan pertanian di acara tersebut juga dilaksanakan temu usaha dunia peternakan sebagai media dialog antar pelaku peternakandiakhirilelang langsung antara pengunjung dan peserta.

Back To Top