skip to Main Content
Penguatan Kompetensi Petugas Reproduksi Untuk Handling Semen Dalam Pelaksanaan Ib Sexing Program Sikomandan 2020 Di Kud Setiakawan Nongkojajar

Penguatan Kompetensi Petugas Reproduksi Untuk Handling Semen Dalam Pelaksanaan Ib Sexing Program Sikomandan 2020 Di Kud Setiakawan Nongkojajar

Kegiatan Sikomandan (Sapi Kerbau Andalan Bangsa) telah dicangkan oleh Menteri Pertanian di tahun 2020. Kegiatan ini bagian dari upaya kementerian Pertanian meningkatkan produksivitas dan reproduktivitas sapi potong, sapi perah dan kerbau dalam negeri. Pada sapi perah diupayakan untuk meningkatan populasi termasuk kualitas dan kuantitas produksi susu sapi perah yang merupakan rangkaian dari komitmen pemerintah untuk menekan angka dominasi impor susu.

Salah satu penerima manfaat program Sikomandan tahun 2020 adalah KUD Setia Kawan Kabupaten Pasuruan mendapatkan semen beku sexing sebanyak 2350 dosis produksi BBIB Singosari yang siap di inseminasikan ke betina produktif sapi perah (saat ini jumlah sebanyak 22.000 ekor). Untuk mensukseskan program sikomandan pada sapi perah di KUD ini maka dilakukan penguatan kompetensi petugas reproduksi untuk hendling semen disamping juga disampaikan  memilih sapi perah betina produktif dan disiplin pelaksanaan recording dalam mengoptimalkan pelaksanaan IB dengan semen sexing yang dilaksanakan di KUD Setia Kawan Nongko Jajar Pasuruan Jawa Timur yang diikuti oleh petugas dan pengurus KUD.  Peningkatan kompetensi ini disampaikan  oleh BBIB SINGOSARI dalam hal ini kepala bidang pemasaran dan informasi. Dalam diskusi dibahas juga pentingnya peningkatan kompetensi reproduksi bagi petugas terkait dengan kasus reproduksi yang makin banyak melalui penanganan yang benar dan tepat.

Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaaat kepada Petugas reproduksi untuk dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kompetensi teknis dalam operasional penanganan semen beku dan nitrogen cair serta aplikatif pelaksanaan IB dilapangan.(AWW)

This Post Has 3 Comments
Back To Top