skip to Main Content
KOMITMEN BERSAMA LESTARIKAN SAPI DONGGALA

KOMITMEN BERSAMA LESTARIKAN SAPI DONGGALA

BBIB Singosari bersama Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah, berkomitmen bersama untuk mengoptimalkan sumber daya genetik dari Sapi Donggala dengan melalui uji coba produksi semen beku dan aplikasi inseminasi buatan. kerjasama ini bertujuan untuk menjaga kelestarian plasma nutfah asli Donggala. Penandatanganan komitmen kerjasama dilakukan di BBIB Singosari dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Donggala, Bapak Moh Yasin, S.Sos, bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala, juga Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Donggala.

Sapi Donggala merupakan rumpun sapi potong lokal dari Sulawesi Tengah. Sapi Donggala terbentuk dari hasil persilangan antara Sapi PO, Madura, dan Bali. Sapi ini merupakan salah satu kekayaan sumber daya genetik lokal, dan telah dibudidayakan secara turun temurun oleh peternak di Provinsi Sulawesi Tengah. Sapi ini juga memiliki keseragaman bentuk fisik yang khas bila dibandingkan dengan sapi lokal lain. Ciri-ciri utama dari Sapi Donggala ini adalah memiliki beberapa varian warna, yaitu putih keabuan, putih kecokelatan, dan putih. Dengan tanduk melingkar ke samping atas, gelambir yang menggantung sepanjang leher hingga tulang dada, dan gumba kecil. Selain sebagai sapi potong, Sapi Donggala dikenal sangat kuat dan lebih tahan terhadap kondisi yang panas.

Wakil Bupati Donggala menyampaikan, โ€œ Sapi Donggala merupakan salah satu kebanggaan dari daerah kami dan sudah dikenal bahkan sebelum Indonesia Merdeka, namun kondisi saat ini populasi semakin menurun, sehingga kerjasama bersama BBIB Singosari ini sangat diperlukan untuk menjaga kelestarian dari sumber daya genetik dari Sapi Donggala ini.โ€

Back To Top