skip to Main Content
KHASIAT SUSU KAMBING

KHASIAT SUSU KAMBING

Oleh: Muhammad Tegar K.K.

Pengawas Bibit Ternak Ahli Pertama

Susu merupakan salah satu sumber protein hewani yang mengandung semua zat yang dibutuhkan tubuh. Ternak penghasil susu utama di Indonesia yaitu sapi perah, namun produksi susunya belum dapat mencukupi kebutuhan masyarakat. Alternatifnya adalah susu kambing. Susu kambing yang diyakini memiliki banyak khasiat seperti kecernaannya yang tinggi, alergenisitas yang rendah dan komposisi kimia bermanfaat, lebih mirip dengan susu manusia dibandingkan susu sapi. Susu kambing dapat menjadi salah satu susu alternatif selain susu sapi yang saat ini menjadi susu komersial. Susu kambing berkualitas tinggi memiliki rasa manis yang lezat dan kadang-kadang terasa sedikit asin, tidak kalah enak dibandingkan susu sapi.

Nutrisi/Jenis SusuKambingSapiManusia
Lemak %3,63,84,0
Padatan bukan lemak %9,08,98,9
Laktosa %4,74,16,9
Nitrogen %3,23,41,2
Protein %3,03,01,1
Kasein %2,62,40,4
Kalsium %0,180,190,04
Fosfor  %0,230,270,06
Klorida %0,100,150,06
Besi (P/100, 000)0,080,070,2
Vitamin A (i.u. / g lemak)21,039,032,0
Vitamin B (ug/100 m)45,068,017,0
Riboflavin (ug/100ml)159,0210,026,0
Vitamin C (mg asc a/100ml)2,02,03,0
Vitamin D (i.u. / g lemak)0,70,30,07
Kalori / 100 ml69,070,068,0

 

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Susu kambing punya kandungan kalium, yaitu mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Tertulis bahwa pada takaran 100 mililiter, jumlah kalium pada susu kambing mencapai 160 miligram. Kalium pada susu kambing ternyata dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Caranya, dengan mengurangi kadar natrium dalam tubuh. Kadar natrium yang berlebihan dapat memicu naiknya tekanan darah. Semakin tinggi tekanan darah, jantung yang bertugas untuk memompa darah tentu harus bekerja lebih keras. Sebaliknya, jika tekanan darah lebih terkendali, kesehatan jantung tentu akan lebih terjaga.

 

  1. Tidak Menyebabkan Laktointoleran

Laktointoleran adalah gangguan pencernaan akibat tubuh tidak dapat mencerna laktosa. Kondisi ini sering kali ditandai dengan diare, perut kembung dan sering buang angin setelah mengonsumsi susu. Menurut penelitian, Alpha-S1-Casein adalah salah satu protein yang menyebabkan laktointoleran. Kadar Alpha-S1-Casein pada susu sapi sangat tinggi sementara pada susu kambing sangat rendah. Hal tersebut yang membuat susu kambing lebih ramah bagi orang yang mempunyai laktointoleran.

3.      Menjaga Kesehatan Sel Tubuh

Selain membantu mengendalikan tekanan darah, kalium pada susu kambing ditemukan pada banyak sel tubuh, misalnya sel otot, sel darah merah, organ hati, dan tulang. Itu artinya, sel di dalam tubuh akan bekerja dengan baik jika asupan kalium tercukupi.

Bukan hanya kalium, susu kambing juga mengandung asam amino triptofan. Tidak hanya membantu menjaga kesehatan saraf, asam ini juga berperan dalam pembentukan hormon serotonin, yaitu hormon yang mengatur suasana hati.

4.       Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selenium merupakan komponen penting dalam menjalankan fungsi sistem imun. Susu kambing diketahui mengandung selenium yang cukup banyak ketimbang susu sapi. Dengan begitu, manfaat yang dirasakan ketika imunitas tubuh bekerja dengan baik adalah dapat mencegah serangan penyakit.

 

 

5.      Mendukung Kesehatan Sistem Pencernaan

Sebenarnya, di dalam perut terdapat bakteri baik yang membantu pencernaan. Namun, jumlah bakteri baik ini tergantung dengan jenis makanan yang di konsumsi. Nah, untungnya susu kambing mengandung prebiotik, yaitu makanan untuk si bakteri baik. Jika jumlah bakteri baik dalam tubuh normal atau bahkan meningkat, maka proses metabolisme tubuh akan lebih baik. Bakteri tersebut nantinya akan membantu kerja usus untuk mencerna makanan dan melawan bakteri jahat. Itu artinya, susu kambing memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

 

 

Daftar Pustaka

  1. Ratya1 , E. Taufik2*, I. I. Arief. 2017. Karakteristik Kimia, Fisik dan Mikrobiologis Susu Kambing. Peranakan Etawa di Bogor. Jurnal Ilmu Produksi dan Teknologi Hasil Peternakan.

Alfy Nurlaili Tusmantoyo1 , Suhartini2 , Izzata Barid3. 2014. Efek Pemberian Susu Kambing Peranakan Ettawa terhadap Densitas Tulang Femur pada Tikus Wistar Jantan. Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-susu-kambing-kesehatan-tubuh/

https://sumbarprov.go.id/home/news/11301-kandungan-dan-manfaat-susu-kambing

Back To Top