Please ensure Javascript is enabled for purposes of Fitur akses Disabilitas BBIB Singosari
skip to Main Content
KEMBANGKAN PRODUKTIFITAS TERNAK RUMINANSIA MELALUI BIMTEK PETERNAK KABUPATEN BLITAR

KEMBANGKAN PRODUKTIFITAS TERNAK RUMINANSIA MELALUI BIMTEK PETERNAK KABUPATEN BLITAR

Ketidakpastian kondisi global saat ini memberikan pukulan hebat bagi pertumbuhan ekonomi. Semua sektor menunjukkan nilai pertumbuhan yang negatif. Di tengah kondisi seperti ini sektor pertanian menunjukkan hasil yang positif. Peternakan yang menjadi bagian dari sektor pertanian juga memiliki peran yang penting dan strategis dalam perekonomian nasional. Pemenuhan kebutuhan protein, khususnya protein asal hewani menjadi sangat penting terutama untuk menjaga keseimbangan gizi dalam menghadapi kondisi krisis.

Untuk membantu menjaga produktivitas di bidang peternakan, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Kementerian Pertanian bersama dengan Komisi IV DPR RI pada Minggu, 5 Februari 2023 mengadakan Bimbingan Teknis Manajemen Peternakan di Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Dalam kegiatan ini Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari sebagai UPT dibawah Koordinasi (Ditjen PKH) memiliki peran untuk menyelenggarakan Bimtek tersebut. Acara ini juga dihadiri oleh Ibu Anggia Erma Rini, M.K.M, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, sehingga selain mendapatkan pengetahuan teknis peternakan peternak juga bisa langsung menyampaikan aspirasi terkait pertanian dan peternakan yang dihadapi oleh masyarakat.

Ibu Anggia Erma Rini, M.K.M. menyampaikan “ Hari ini saya bertemu langsung dengan para peternak Kabupaten Blitar bersama dengan BBIB Singosari dan Dinas Peternakan Kabupaten Blitar dan sebenarnya Bimtek ini lebih kepada bagaimana masyarakat peternak untuk dapat peningkatan kapasitasnya peternak Karena bantuan-bantuan dari Pemerintah kan banyak, seperti bantuan ternak kambing, sapi dan unggas, kita Komisi IV minta tidak hanya itu tapi juga peningkatan kapasitas peternak, termasuk memahamkan untuk misalnya bagaimana model Inseminasi Buatan yang memang itu sangat efektif sekali,”

Sementara itu Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa produksi peternakan di Kabupaten Blitar cukup tinggi, ada 141.000 ekor sapi pedaging yang dibudidayakan oleh peternak di seluruh wilayah Kabupaten Blitar.
Jumlah tersebut dinilai sudah mencukupi kebutuhan wilayah kabupaten Blitar termasuk untuk kebutuhan saat Ramadhan dan Idul Fitri yang akan datang. Dinas Peternakan dan perikanan Kabupaten Blitar terus mendorong para peternak di wilayahnya untuk menggunakan teknologi dan inovasi juga selalu mengembangkan kemampuan SDM untuk mendorong ketersediaan pemenuhan protein hewani baik dari sapi maupun kambing.(*)

Back To Top