skip to Main Content

#BEKERJA KAMI SEPENUH HATI

[:id]

#BEKERJA – Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera merupakan kegiatan dari Kementerian Pertanian dengan penanggung jawab Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) termasuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibawahnya. Termasuk didalamnya Balai Veteriner (BVet) Banjarbaru, Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari, Balai Pembibitan Ternak Unggul (BPTU) Pelaihari, Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak (BPTU HPT) Siborongborong selaku UPT PKH. Kegiatan #BEKERJA ini dilaksankaan tahun 2018 dan akan berkelanjutan pendampingan hasil kegiatan 2018 dan pelaksanakan wilayah baru di tahun 2019. Target dari kegiatan #BEKERJA pada 10 provinsi, 776 desa dan 200.000 rumah tangga miskin (RTM). Kegiatan ini merupakankan kerjasama antara Kementerian Pertanian, Kementerian Sosial dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal. Data RTM didapat dari Kementerian Sosial dan selanjutkan dilakukan verifikasi oleh masih-masing penanggung jawab.

Kegiatan #BEKERJA merupakan wujud kepedulian pemerintan melalui Kementerian Pertanian dengan memberikan bantuan disektor pertanian guna mengentaskan kemiskinan sehingga mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Bantuan yang diberikan berupa ternak ayam atau itik, pakan, obat dan vitamin.

Disela kegiatan workshop multimedia yang dihadiri UPT PKH Kementerian Pertanian, dilakukan wawancara perkembangan kegiatan #Bekerja, sebagian merupakan penanggung jawab maupun pendamping kegiatan tersebut. Balai Veteriner (BVet) Banjarbaru bertanggung jawab memberi bantuan di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan berupa ternak itik dengan target RTM 1.588 keluarga (79.400 ekor) menurut Sriyanto. Ulasan Faisal dari Balai Pembibitan Ternak Unggul (BPTU) Pelaihari, “ kami memberikan bantu juga di Kalimantan Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan dengan jumlah RTM juga sama 1.588 keluarha atau 79.400 ekor itik”. Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari menjadi penangung jawab di Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Lumajang dengan target yang cukup besar yaitu memberi bantuan ayam kepada 21.266 RTM (1.121.600 ekor) menurut Dita selaku sekertaris pelaksana kegiatan #BEKERJA di BBIB Singosari. Berbeda dengan Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak (BPTU HPT) Siborongborong menjadi pendamping dengan penanggungjawab Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Medan memberikan bantuan ayam di 2.319 RTM (115.950 ekor). Danang mengatakan “tahun 2019 kami bertanggung jawab kegiatan #Bekerja sehingga anggaran dibebankan kepada kami”.(*)

[:]
This Post Has 13 Comments
Back To Top