skip to Main Content
BBIB SINGOSARI KERJASAMA KEMBANGKAN DOMBA

BBIB SINGOSARI KERJASAMA KEMBANGKAN DOMBA

BBIB Singosari bersama UD Kambing Burja menjalin kerjasama dalam mengembangkan Ternak Domba. Kerjasama ini dilaksanakan dengan membuka instalasi ternak yang dilaksanakan oleh UD Kambing Burja, kemudian dalam prosesnya BBIB Singosari akan menampung semen dari pejantan domba. Semen tersebut akan dievaluasi dan akan diproses untuk menjadi semen beku domba. UD Kambing Burja akan menyediakan area instalasi peternakan juga ternak-ternak domba unggul, kemudian SDM BBIB Singosari akan mengawal proses pemeliharaan, pemberian pakan ternak, dan kesehatan hewan dari domba-domba tersebut.

Kerjasama ini dilakukan dengan tujuan masyarakat nantinya bisa mendapatkan semen beku unggul dari domba-domba terbaik dengan biaya yang murah, sehingga kualitas domba di masyarakat bisa meningkat. Selama ini masyarakat yang ingin mengawinkan domba betina mereka dengan pejantan unggul harus mengeluarkan biaya dan tenaga yang tidak sedikit. Dengan tersedianya semen beku domba unggul maka semua proses dapat dilakukan dengan mudah melalui Inseminasi Buatan.

Domba yang akan dikembangkan dalam kerjasama ini adalah domba dorper. Domba dorper memiliki keunggulan karkas yang lebih tinggi dari domba biasa, domba ini juga tahan dengan kondisi iklim tropis seperti di Indonesia. Daging dari domba dorper juga memiliki kandungan lemak yang rendah.
Kepala BBIB Singosari mengatakan bahwa kerjasama penampungan semen beku ini adalah hanya sebagai langkah awal, nantinya kerjasama akan ditingkatkan lagi lebih jauh agar bisa memberikan manfaat yang lebih luas.

Ditjen PKH Kementan RI Kementerian Pertanian Republik Indonesia
#BBIBsingosari #domba #kambing #peternakan #infoternak #pertanianmajumandirimodern #peternakan #semenbeku #inseminasibuatan

Back To Top