skip to Main Content

BBIB SINGOSARI IKUT PEDULI HASIL PETERNAKAN #BEKERJA

[:id]Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian ikut peduli kesejateraanan peternak melaksanakan Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (#BEKERJA). Bantuan yang diberikan berbasis pertanian. Sararan kegiatan #Bekerja adalah memberikan bantuan pada 1.000 desa di 100 kabupaten di 10 Provinsi Indonesia.

BBIB Singosari selaku UPT Dirjen PKH diberi amanan menyerahkan bantuan kepada rumah tangga miskin (RTM) berupa ayam, pakan dan obat vitamin di 2 (dua) Kabupaten yakni Bondowoso dan Lumajang. Masing – masing kabupaten terdapat 3 (tiga) kecamatan. Total RTM adalah 26.944  keluarga dengan perincian Kabupaten Bondowoso sebanyak 12.915 RTM dan Lumajang sebanyak 14.029 RTM.

Harapan kegiatan #Bekerja ini adalah meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan menambah penghasilan dari hasil menjual telur atau anakan dari ayam, serta dapat meningkatkan konsumsi protein hewani bila peternak mengkonsumsi telur ayam yang dihasilkan. Ayam yang sudah berkembang bisa di penen untuk dikonsumsi selain di jual.

Hasil pendistribusian bantuan kegiatan #Bekerja sudah tampak, dengan banyaknya ayam yang bertelur. Peternak juga sudah melakukan transaksi jual beli telur ayam tersebut. Demikian hal nya di kabupaten Bondowoso, peternak menjual telur ayam hasil ternak ayam kegiatan #Bekerja.

BBIB Singosari ikut peduli hasil peternakan dengan ikut membeli telur ayam hasil bantuan #Bekerja. Hal ini membuat semangat tersendiri bagi peternak dalam memelihara ayamnya agar hasilnya terus meningkat. BBIB Singosari juga mendapat keuntungan bila mengkonsumsi telur ayam kampung yang memiliki banyak manfaatnya.

Bantuan ayam yang diberikan adalah ayam persilangan ada ayam Jawa Super(Japer) dan ayam Arab. Manfaat dari ayam kampung antara lain :

  1. Mencegah kanker
  2. Membuat jantung sehat
  3. Membantu proses pembentukan otot
  4. Menghasilkan sumber energi tambahan
  5. Mencegah Katarak
  6. Bebas Kolesterol dan Lemak
  7. Menyembuhkan gangguan paru-paru

Sedangkan manfaat ayam arab sendiri antara lain :

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh. Bagian kuning telur mengandung karotenoid yang sangat tinggi. Karotenoid ini berfungsi sebagai antioksidan dalam menetralisir radikal bebas di tubuh.
  2. Meningkatkan kecerdasan anak. Telur ayam arab mengandung AA dan DHA yang membantu untuk meningkatkan fungsi otak.
  3. Merupakan sumber energi yang baik karena mengandung protein yang tinggi.
  4. Baik untuk kesehatan mata karena mengandung beta karoten yang merupakan komponen dari retina.
  5. Menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke. Omega 3 yang tinggi meningkatkan kolestrol baik (HDL) dalam tubuh. Omega 3 juga meningkatkan elastisitas pembuluh darah sehingga menurunkan resiko penyakit jantung, juga menurunkan resiko tekanan darah tinggi.
  6. Mengurangi nyeri. Telur mengandung kolin dan omega 3 yang dapat berperan sebagai anti inflamasi (anti radang) sehingga dapat membantu mengurangi rasa nyeri seperti nyeri haid, nyeri pada penyakit radang perut, nyeri pada penyakit sendi.
  7. Mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Telur ayam arab mengandung vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K, asam folat, zat besi, potassium, selenium.
  8. Untuk orangtua yang mulai pikun, dan untuk penyakit Alzheimer, terdapat penelitian yang menyatakan bahwa telur membantu sistem neurologis dari otak karena membantu perkembangan membran sel otak.
  9. Mengurangi resiko anemia karena mengandung vitamin B12 serta zat besi. Jadi telur baik untuk ibu hamil dan penderita anemia.

 

Mari bersama ikut peduli hasil peternakan kita agar peternak kita lebih sejahtera.

Sumber :

  1. https://www.jendela-alam.com/telur-ayam-arab.html
  2. https://www.khasiat.co.id/makanan/telur-ayam-kampung-mentah.html

 

 [:]

Back To Top