skip to Main Content
BANTUAN BIBIT PAKAN PENDUKUNG KEGIATAN 1000 DESA SAPI

BANTUAN BIBIT PAKAN PENDUKUNG KEGIATAN 1000 DESA SAPI

Kamis, 5 November 2020,  Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari melepas bantuan benih/bibit hijauan pakan ternak. Bantuan ini akan diberikan kepada 5 kelompok ternak penerima bantuan dari Program dan Kegiatan Pengembangan 1000 Desa Sapi yang berada di Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Bantuan ini diberikan oleh BBIB Singosari untuk mendukung kesuksesan Program dan Kegiatan 1000 Desa Sapi khususnya di provinsi NTB.

Jumlah bibit dan benih pakan ternak yang dibagikan adalah: bibit rumput gajah sebanyak 50.000 stek, bibit rumput odot sebanyak 20.000 stek, dan bibit indigofera sebanyak 150 polybag. Bibit ini nantinya akan dimanfaatkan oleh kelompok ternak untuk memenuhi kebutuhan pakan dari ternak-ternak mereka.

Program dan Kegiatan Pengembangan 1000 Desa Sapi ini dilaksanakan dalam rangka menekan ketergantungan Indonesia terhadap impor daging sapi. Program ini juga bertujuan untuk memperbaiki ekonomi masyarakat secara berkesinambungan. Selain itu dalam kondisi pandemi seperti ini hanya sektor pertanian termasuk didalamnya adalah peternakan yang masih bisa bertahan.

Program dan Kegiatan Pengembangan 1000 Desa Sapi di Lombok Tengah ini dilakukan di 5 desa yang berdekatan untuk memaksimalkan pemantauan dan pendampingan. Bantuan ternak yang diberikan nantinya adalah sapi indukan dan sapi bakalan. Petugas inseminator dan tenaga kesehatan hewan akan membina dan melakukan pendampingan kepada kelompok ternak.

Program ini merupakan Pilot Project, dan akan dievaluasi hasilnya. Pada tahun yang akan datang program ini dapat direplikasi di berbagai provinsi di seluruh Indonesia sesuai potensi daerah masing-masing. Dengan demikian, program ini juga diharapkan dapat menambah populasi ternak sehingga kebutuhan protein hewani bagi masyarakat Indonesia dapat terpenuhi.

This Post Has 11 Comments
  1. Google

    We like to honor lots of other web internet sites on the net, even when they aren’t linked to us, by linking to them. Under are some webpages really worth checking out.

Comments are closed.

Back To Top